Syarat-syarat masuk ITB

Sabtu, 11 Februari 20120 komentar

Institute Technology Bandung
Persyaratan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2011
Dokumen-dokumen persyaratan yang harus dibawa dan dilengkapi calon mahasiswa pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, adalah sebagai berikut :
  • Print Out Pengisian Data Calon Mahasiswa Mahasiswa Baru ITB 2011. Bila anda tidak berhasil melaksanakan Pendaftaran Mahasiswa Baru di situs resmi ITB (http://www.itb.ac.id/usm-itb/), silakan langsung hadir pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, pada tanggal 31 Mei 2011, dengan membawa kelengkapan dokumen yang disyaratkan.

  • Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Undangan (asli). Calon mahasiswa yang tidak membawa Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Undangan, tidak diperkenankan memasuki ruangan pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2011.
  • Kartu Identitas asli, sesuai dengan kartu identitas yang digunakan untuk melaksanakan pendaftaran peserta SNMPTN 2011 – Jalur Undangan.
  • Surat Keterangan dari Kepala Sekolah asli yang menerangkan kelulusan SLTA dan NISN calon mahasiswa yang bersangkutan.
  • 3 (tiga) lembar pasfoto hitam putih ukuran 3 x 4 cm.
  • Khusus bagi calon mahasiswa peserta KN-ITB 2011, menyerahkan Surat Rekomendasi Perusahaan asli atau Surat Pengantar dari Pemerintah Daerah asli.
  • Akte Kelahiran asli dan 1 (satu) lembar fotokopi. Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akte Kelahiran, tidak dapat digunakan.
  • Bukti Kelulusan SLTA Asli berupa STTB/Ijazah dan/atau Tanda Lulus/SKHUN Sementara dari SLTA asal, dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah. Kelulusan SLTA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan kelulusan calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SLTA dari penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN 2011 – Jalur Undangan.
  • Rapor SLTA asli dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Bukti pelunasan BPPM asli dan 1 (satu) fotokopi. Calon mahasiswa harus sudah melunasi BPPM pada tanggal 18 - 30 Mei 2011, sesuai dengan nilai BPPM yang dijanjikan pada Surat Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2011.
  • Bukti pelunasan Biaya Matrikulasi asli dan 1 (satu) fotokopi. Pelunasan Biaya Matrikulasi dilakukan mulai tanggal 18 - 30 Mei 2011, dengan mencantumkan nama calon mahasiswa, nama orang tua, dan nomor pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Undangan, di lembar transfer Biaya Matrikulasi. Pelunasan Biaya Matrikulasi dapat dilakukan melalui transfer ke nomor rekening BNI-ITB  09.00002017  an. Penampungan Kemitraan ITB. Pelunasan Biaya Matrikulasi tidak dapat ditunda.
  • Sertifikat Bukti Prestasi asli (bila ada) dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Formulir Catatan Kesehatan asli yang telah diisi dan ditandatangani oleh dokter umum. Format Formulir Catatan Kesehatan dapat diunduh di situs http://www.itb.ac.id/usm-itb/kit-daftarawal.zip mulai tanggal 18 - 30 Mei 2011.
  • Formulir Data Ekonomi Calon Mahasiswa asli yang telah diisi dan ditandatangani di atas meterai Rp. 6000,-., bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Subsidi BPPM 25%, 50%, 75%, atau mengajukan permohonan subsidi BPPM dan BPPS 100%, atau mengajukan lamaran Beasiswa BIDIK MISI. Formulir Data Ekonomi Calon Mahasiswa dapat diunduh di situs http://www.itb.ac.id/usm-itb/kit-daftarawal.zip mulai tanggal 18 - 30 Mei 2011.
    • Calon mahasiswa yang tidak mengajukan permohonan subsidi/Beasiswa tidak perlu mengisi Formulir Data Ekonomi.
    • Pengisian Formulir Data Ekonomi tersebut dilakukan dengan langsung mengisikan data pada file MS Excel yang telah disediakan.
    • Formulir Data Ekonomi diserahkan kepada panitia dalam bentuk Print Out dan CD berisi file MS Excel yang telah diisi lengkap.File tersebut disimpan dengan menggunakan nomor peserta calon mahasiswa yang bersangkutan sebagai nama file (contoh : 41100YYYYY.xls)
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata asli, sesuai dengan format yang disediakan ITB di situshttp://www.itb.ac.id/usm-itb/kit-daftarawal.zip, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di sekolah/fakultas berikut :
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (khusus peminat program studi Kimia)
    • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
    • Sekolah Farmasi
    • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
    • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
    • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (khusus peminat program studi Teknik Lingkungan)
    • Fakultas Teknologi Industri (khusus peminat program studi Teknik Kimia)
    • Fakultas Seni Rupa dan Desain
Semua persyaratan dan dokumen tersebut harus dibawa pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2011. Kekurangan/ketidaklengkapan persyaratan dan dokumen, akan menyebabkan kelulusan calon mahasiswa yang bersangkutan di SNMPTN 2011 – Jalur Undangan dibatalkan dan tidak dapat diklaim kembali untuk alasan apa pun.

Persyaratan Peserta Beasiswa BIDIK MISI
Bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa BIDIK MISI atau permohonan subsidi BPPM dan BPPS 100%, selain dari kelengkapan akademik di atas, diharuskan untuk membawa kelengkapan dokumen persyaratan pengajuan Beasiswa BIDIK MISI pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2011, pada tanggal 31 Mei 2011. Kelengkapan dokumen tersebut adalah :
  • Formulir Pendaftaran Beasiswa BIDIK MISI (khusus bagi calon mahasiswa yang mengajukan Beasiswa BIDIK MISI) yang telah diisi lengkap, berfoto, dan ditandatangani di atas meterai Rp. 6000,-. Formulir tersebut dapat diperoleh di situs http://www.itb.ac.id/usm-itb/kit-daftarawal.zip.
  • Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi keluarga yang tidak memiliki kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
  • Fotokopi Kartu Keluarga yang mencantumkan nama calon mahasiswa.
  • Fotokopi Kartu Identitas kedua orang tua calon mahasiswa.
  • Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang memberikan keterangan bahwa pendaftar adalah siswa berprestasi yang orang tua/wali-nya kurang mampu, sesuai dengan rekomendasi yang diberikan pada saat pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Undangan di situshttp://undangan.snmptn.ac.id.
  • Jika diperlukan dapat menyertakan bukti pendukung lain seperti fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan/atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya.

Program Matrikulasi
Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di ITB melalui SNMPTN 2011 - Jalur Undangan diharuskan mengikuti pelaksanaan program Matrikulasi secara penuh. Program Matrikulasi akan dilaksanakan di Kampus ITB, Jl. Ganesa no. 10 Bandung, pada tanggal 27 Juni – 24 Juli 2011. Program Matrikulasi akan berisi perkuliahan dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berfungsi sebagai sarana Adaptasi, Pemetaan Potensi, Pembekalan Calon Mahasiswa, Pembinaan Karakter, Pengenalan Lingkungan Kampus, dan Penyetaraan Kemampuan Akademik bagi calon mahasiswa sebelum memulai kegiatan perkuliahan di ITB.

Ketentuan Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan yang dibayar di Muka (BPPM)
Pelunasan BPPM telah dapat dilaksanakan mulai tanggal 18 - 30 Mei 2011. Pelunasan BPPM hanya dilaksanakan 1 (satu) kali pada rentang waktu tersebut dan tidak dapat ditunda/dilakukan secara angsuran. Ketentuan Pelunasan BPPM bagi calon mahasiswa yang dinyatakan dapat diterima di ITB melalui SNMPTN 2011 adalah sebagai berikut :
  • Seluruh calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNMPTN 2011 – Jalur Undangan, harus sudah melunasi BPPM pada tanggal 30 Mei 2011 sesuai dengan nilai BPPM yang dijanjikan pada Surat Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2011. Pelunasan BPPM dilaksanakan sesuai dengan tata cara yang tercantum di bawah ini.
  • Bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan subsidi BPPM 25%, 50%, 75%, atau calon mahasiswa yang mengajukan permohonan subsidi BPPM dan BPPS 100%. ITB akan menetapkan besar subsidi yang diberikan berdasarkan hasil verifikasi data ekonomi dan akan menyampaikan besaran BPPM yang harus dilunasi calon mahasiswa, pada tanggal 16 Juni 2011 melalui situshttp://www.itb.ac.id/usm-itb/. Pelunasan kekurangan nilai BPPM dari nilai yang telah dibayarkan sebelumnya harus dilaksanakan paling lambat pada tanggal 23 Juni 2011.
  • Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus pada program Beasiswa Minat tidak dibebani BPPM. Namun demikian tetap dibebani Biaya Program Matrikulasi.
  • Bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa BIDIK MISI, persetujuannya masih harus ditentukan berdasarkan hasil verifikasi data ekonomi. ITB akan menyampaikan persetujuan pemberian Beasiswa BIDIK MISI atau besaran BPPM yang harus dilunasi calon mahasiswa pada tanggal 16 Juni 2011 melalui situs http://www.itb.ac.id/usm-itb/. Bila dinyatakan harus melunasi BPPM, pelunasan BPPM harus dilaksanakan paling lambat pada tanggal 23 Juni 2011.

Tata Cara Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan yang dibayar di Muka (BPPM)
Calon mahasiswa harus sudah melunasi BPPM pada tanggal 18 - 30 Mei 2011, sesuai dengan nilai BPPM yang dijanjikan pada Surat Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2011. Pelunasan BPPM dilakukan tanggal 18 - 30 Mei 2011, dengan mencantumkan nama calon mahasiswa dan nomor pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Undangan, pada lembar transfer BPPM. Pelunasan BPPM dapat dilakukan melalui transfer ke nomor rekening berikut :
  • BNI-ITB                  : 09.00001057                                      an. SDPA ITB / BPPM ITB
  • BRI-ITB                  : 0000-0593-01-000032-30-3           an. SDPA ITB / BPPM ITB
  • BUKOPIN ITB       : 1003800-09-8                                    an. SDPA ITB / BPPM ITB
  • Bank Niaga ITB    : 026-01-08572-00-6                          an. SDPA ITB / BPPM ITB
Pembayaran BPPM dapat dilakukan dengan Setoran Tunai di Kasir Bank yang bersangkutan, pemindahbukuan antar rekening Bank yang bersangkutan, Transfer dari Bank lain ke rekening Bank yang bersangkutan, maupun ATM Bersama.
  • Contoh pengisian Slip Setoran Tunai di Kasir Bank BNI :
    • Nama Calon Mahasiswa : PUSPITARINI (41100XXXXX)
    • No. rekening Bank BNI : 0900001057
    • Jumlah Setoran : Rp. 41.250.000,-  (merupakan Nilai BPPM yang dijanjikan calon mahasiswa)
    • Kolom Berita Setoran : Pelunasan BPPM atas nama PUSPITARINI (41100XXXXX)
  • Contoh pengisian Slip Pemindahbukuan antar rekening :
    • No. rekening Bank BRI : 0000 0593 01 000032 30 3 (rekening tujuan)
    • No. rekening pengirim : YYYY YYYY YY YYYYYY YY Y (rekening debet)
    • Jumlah Dana yang Dikirim : Rp. 41.250.000,-  (merupakan Nilai BPPM yang dijanjikan calon mahasiswa)
    • Kolom Berita Transfer : Pelunasan BPPM atas nama PUSPITARINI (41100XXXXX)
  • Contoh pengisian Slip Transfer dari Bank lain :
    • Nama Calon Mahasiswa : PUSPITARINI
    • No. rekening Bank BUKOPIN : 1003800 09 8 (rekening tujuan)
    • Bank Penerima : Bank BUKOPIN ITB
    • Jumlah Dana yang Dikirim : Rp. 41.250.000,-  (merupakan Nilai BPPM yang dijanjikan calon mahasiswa)
    • Kolom Berita Transfer : Pelunasan BPPM atas nama PUSPITARINI (41100XXXXX)
  • Contoh pelunasan menggunakan ATM Bersama :
    • Pilih menu “TRANSFER”
    • Pilih jenis rekening asal
    • Pilih tujuan transfer “KE REKENING BANK LAIN”
    • Masukkan no. rekening tujuan “009 0900001057”
    • Masukkan jumlah dana yang di transfer
Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2011, dapat diperoleh di alamat :
Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
Gd. CCAR ITB lt.4,  Jl. Tamansari 64 Bandung
Tel./Fax. : 022-2508519
Tel.         : 022- 4254016, 022- 61083601
E-mail    : usmitb@pusat.itb.ac.id
Website : http://www.itb.ac.id/usm-itb/
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. RAN EXPRESSION - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger